Kegel untuk Wanita: Manfaat Mudah dan Kaya


Latihan kegel untuk wanita yang tampil dengan benar dan terus menerus akan memberi banyak manfaat positif. Apakah Anda sering secara tidak sengaja mengeluarkan urin saat tertawa, batuk, atau bersin? Atau mungkin Anda sering merasakan sakitnya mengendalikan pengeluaran saat buang air kecil? Jika jawaban Anda salah, maka latihan Kegel sangat penting bagi Anda untuk berlatih dalam rutinitas sehari-hari. Pelaksanaan latihan Kegel cukup fleksibel dan praktis tentunya akan sangat memudahkan anda.

Memahami Senam Kegel
Latihan kegel adalah latihan yang dilakukan untuk memperkuat otot panggul terutama pada otot yang berhubungan dengan saluran kemih. Pada wanita, latihan kegel juga bermanfaat untuk melatih otot saat persalinan. Senam ini pertama kali diperkenalkan oleh seorang dokter di Los Angeles bernama Arnold Kegel yang dimulai pada 1940-an yang lalu.

Pada dasarnya, latihan Kegel untuk wanita ini memiliki prinsip menguatkan otot di bagian bawah panggul atau sekitar alat kelamin. Ini juga memaksimalkan fungsi otot cincin di lubang pembuangan baik saluran kemih maupun sumbu usus. Senam kegel sebenarnya Diet catering bandung bisa dilakukan juga oleh pria namun dengan gerakan yang sedikit berbeda.

Manfaat Senam Kegel untuk Wanita
Secara umum latihan kegel bermanfaat bagi pria dan wanita. Namun, kali ini pembahasannya akan spesifik tentang latihan kegel untuk wanita. Latihan kegel memberikan banyak manfaat dalam berbagai aspek, terutama bagi wanita. Jadi, apa mereka?

Membantu memulihkan dan memperbaiki postpartum otot
Setelah melahirkan, wanita mengalami berbagai perubahan fisik, termasuk relaksasi otot pelvis. Hal itu bisa diatasi dengan melakukan latihan kegel secara teratur selama kehamilan.
Merampingkan proses pengiriman
Otot panggul menjadi lebih kuat dan lebih elastis adalah salah satu manfaat latihan Kegel. Hal ini sangat berguna untuk membuka jalan lahir dan mengurangi risiko episiotomi saat persalinan. Ingatlah bahwa latihan kegel adalah bagian dari latihan kehamilan.
Membantu mengendalikan otot untuk buang air besar
Fokus otot yang dilatih latihan Kegel ada di sekitar panggul dan alat kelamin. Karena itu, respon otot cincin di lubang pelepasan menjadi lebih sensitif dan terlatih. Proses buang air besar pun lebih terkendali. Hal ini juga mengurangi proses inkontinensia kencing ketidakmampuan buang air besar setelah melahirkan.
Meremajakan otot panggul
Bagi wanita yang pernah mengalami menopause, banyak atrofi terjadi di dasar panggul. Inkontinensia urin (ketidakmampuan mengelola pengeluaran urin) juga sangat mungkin terjadi. Karena itu, latihan kegel sangat berguna untuk meremajakan otot-otot yang sudah mengalami atrofi.
Bagaimana Melakukan Senam Kegel
Ada beberapa tahapan bagaimana berolahraga kegel bagi wanita. Setiap tahap cukup mudah dan praktis. Penjelasan lebih lanjut mari kita lihat uraian berikut ini:

Langkah pertama yang tidak boleh Anda lupakan adalah mengosongkan kandung kemih. Kosong kandung kemih akan banyak membantu kegel senam.
Setelah mengosongkan kandung kemih, ambil posisi yang nyaman untuk melakukan latihan kegel. Untuk pemula disarankan memilih posisi berbaring. Namun perlu diingat latihan kegel bisa dilakukan dengan berbagai posisi.
Kencangkan otot dasar panggul bawah seperti saat memegang urin. Pastikan Anda merasakan uretra dan anus terjepit oleh otot dasar panggul, bukan otot perut dan bokong.
Jika Anda telah menemukan gerakan yang benar, tahan selama setidaknya sepuluh detik. Kemudian istirahatlah selama sepuluh detik.
Ulangi gerakan hingga 15 kali. Lakukan secara teratur setidaknya tiga kali sehari.
Beberapa Hal Penting tentang Senam Kegel
Meski memberikan banyak manfaat, namun Anda butuh proses yang tidak cukup sekali untuk merasakannya. Latihan kegel perlu dilakukan secara rutin setidaknya selama tiga bulan. Saat melakukan latihan kegel, jangan bebarengan dengan menahan urine. Hal ini berpotensi menimbulkan infeksi.

Latihan kegel adalah salah satu latihan yang cukup praktis. Tidak ada biaya dan ruang khusus yang diperlukan. Dimanapun anda bisa Sementara di perjalanan, di kantor, bahkan memasak. Memang kalau belum familiar akan terasa sedikit rumit. Karena itu, perlu dilatih setiap hari.

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *